Media Pembelajaran 3 Dimensi tata surya sebagai tugas akhir mata kuliah walaupun tidak istimewa-istimewa amat, tapi ini buatan sendiri bersama bapak saya.. hehe. Pengembangan media 3 dimensi saya tempuh pada semester 4, dibawah ini saya sertakan cara pembuatan beserta rancangan pelaksanaan pembelajaannya. Semoga Bermanfaat :)
Media Pembelajaran 3 Dimensi Tiruan - Tata Surya
bahan:
kayu
tabung pipa
bola (sesuaikan banyaknya dengan gambar)
pilok
kawat secukupnya
mur
Cara Membuat:
1. siapkan kayu untuk menjadi alasnya, potong kayu untuk menjadi porosnya.
2. kemudian lapisi dengan pipa, potong beberapa pipa dan kaitkan dengan kawat.(lihat gambar, maaf tidak foto tutorial steps by step hehe)
3. akhiri dengan menyemprotkan pilok, dan memasang bola yang sesuai ukuran tiruan tata surya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : Sekolah Dasae
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/2
Materi Pokok : Tata Surya
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Tahun Pelajaran : 2013/2014
A. Standar Kompetensi
9. Memahami matahari sebagai pusat tata
surya dan interaksi bumi dalam tata surya
B.
Kompetensi
Dasar
9.1 Mendeskripsikan
sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
C. Indikator
1. Mengenali planet-planet dan
benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
2. Mendeskripsikan posisi planet-planet
dalam tata surya.
3. Mendeskripsikan peredaran
planet-planet di dalam tata surya.
4. Mengetahui perbandingan ukuran anggota-anggota
tata surya
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
tata surya
2. Siswa dapat Mengetahui bahwa
matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi oleh planet-planet.
3. Siswa dapat Menyebutkan penyebab
plenet-planet mengelilingi matahari
4. Siswa dapat Membuat keterangan
mengenai matahari
5. Siswa dapat Memahami perbedaan
antara planet dengan matahari
6. Siswa dapat Menyebutkan
planet-palanet yang mengelilingi matahari
7. Siswa dapat Memahami pengelompokkan
planet luar dan planet dalam
8. Siswa dapat Memahami sifat dan
keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus,
Neptunus
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E.
Materi Ajar
Matahari
sebagai pusat Tata Surya
Matahari sebagai Pusat
Tata Surya, Matahari
adalah bola gas raksasa yang memancarkan cahayanya sendiri. Matahari merupakan
pusat tata surya. Semua benda langit di tata surya berputar mengelilingi
matahari. Matahari terdiri atas gas hydrogen (80%–90%) dan gas helium. Matahari
berputar pada porosnya dari barat ke timur. Matahari merupakan sumber energi
bagi kehidupan di bumi. Matahari merupakan sebuah bintang yang paling dekat
dengan bumi.
Dengan ukuran matahari
yang sangat besar, maka matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar.
Dengan gaya gravitasi tersebut terjadi gaya tarik-menarik antara matahari
dengan planet-planet dan benda langit lainnya. Hal ini yang menyebabkan
planet-planet dan benda langit lainnya selalu beredar mengelilingi matahari.
F.
Media dan Sumber Belajar
-
Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
-
Media tiruan matahari dan planet yang
mengelilingi
G.
Metode dan Model Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya
Jawab
-
Diskusi
H.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Apersepsi dan Motivasi :
-
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
|
(10 menit)
|
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
Memahami
peta konsep tentang tata surya
-
Mengetahui
bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang
di kelilingi oleh planet-planet.
-
Melibatkan
peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi peserta didik melakukan contoh media tiruan yang ada di dalam kelas.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
Menyebutkan
penyebab plenet-planet mengelilingi matahari
-
Membuat
keterangan mengenai matahari
-
Memahami
perbedaan antara planet dengan matahari
-
Menyebutkan
planet-palanet yang mengelilingi matahari
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
Memberikan kesimpulan bahwa :
-
Matahari
memancarkan cahaya sendiri dan merupakan pusat tata surya
-
Ada
delapan planet yang mengelilingi matahari
-
Pekerjaan
Rumah : Mencari urutan planet mulai dari yang terdekat sampai
terjauh dari matahari
-
|
(10 menit)
|
I.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Mengenali
planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
o
Mendeskripsikan
posisi planet-planet dalam tata surya.
o
Mendeskripsikan
peredaran planet-planet di dalam tata surya.
o
Membuat
perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *).
|
Tugas
Individu
|
Uraian Objektif
|
o
Jelaskanlah
planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
o
Jelaskanlah
posisi planet-planet dalam tata surya.
o
Jelaskanlah
peredaran planet-planet di dalam tata surya.
o
Buatkanlah perbandingan ukuran anggota-anggota tata
surya dengan skala yang tepat *).
|
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
No comments:
Post a Comment