Apa kabar blogkuuhhh... dihari kedua hari raya 1348 H tahun 2017 ini saya mengucapkan Selamat hari raya lebaran, Mohon maaf lahir dan batinn... :D
Terakhir nulis di blog ini November 2016, banyak hal terjadi sampai Juni 2017 ini.. hal-hal yang tak biasa, mencoba hal baru, mencoba berwirausaha (Bakal saya share dipost lain), menjadi joob seeker, mendapatkan kesempatan tak terduga, banyak deh. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama diterima bekerja di suatu perusahaan di kabupaten saya. Psstt.... tulisannya bakal kayak curhat..
Hola.... Saya adalah seorang fresh graduate Lulusan S1 Teknologi Pendidikan September 2016, seharusnya sih ngelamarnya di bidang pendidikan, tapi apa daya,, saya belum minat disana. jadi saya menjadi joob seeker, mendatangi job fair, melamar pekerjaan via email, dan singkat kata saya dapat panggilan interview dari suatu perusahaan yang domisilinya lumayan deket sama rumah saya (baca: 34 km) karena kalo jauh ga boleh orang tua, haha.. setelah mengikuti prosesnya interview dengan HRD dilanjut oleh Manager Factory akhirnya pada tanggal 21 Des 2016 saya resmi bekerja di PT. D, disana saya diterima sebagai General Admin. Dibawah departemen Personalia & General Admin.
Sebagai seorang anak "baru" dalam dunia kerja, saya merasa cukup nyaman dengan kerjaan saya.. walaupun ngak ngerti-ngerti amat sama jabatan yang disandang, sampai pada akhirnya bulan ke empat bekerja, sekan kerja satu departemen yang membimbing saya mengajukan resign "one month notice" jabatan rekan saya adalah bagian Personalia aka HRD. Terus pengaruhnya bagi saya adalah, saya dijadikan penggantinya.
Disitu saya masih biasa saja dengan kerjaan, ya mungkin karena masih ada mbaknya, diajari banyak hal, banyak banget tentang dunia personalia mulai dari recruitment, training karyawan baru, sistem penggajian sampai daftar bpjs kes dan kesehatan. saya pikir Okelah saya Insya Allah bisa dengan segala administrasinya.
Nah akhirnya pada tanggal 29 April 2017 Saya mulai bekerja sendiri di departement ini, BOOOM, masalah terjadi *saat itu libur panjang hari buruh. menjadi personalia di hari pertama sudah ada karyawan yang resign karena ngak kuat bekerja di bagian produksi, dan ngak ada karyawan pengganti secara dadakan di hari libur, lalu ada material habis dan mesin harus off beberapa hari, mengatur hutang masuk karyawan, mencari pengganti karyawan yang resign tiap malam (pas shift malam) rasanya 2 hari dirumah itu sesak banget, dan yaaaa pas masuk dihari selasa nya banyak omelan,, hahaha
Intinya ketika saya menggantikan bagian personalia saya disiapkan untuk mengelola administrasi karyawannya, namun belum ke lapangannya. Jadi saya terkaget-kaget,, haha. perancangan man power yang dibutuhkan, transisi karyawan yang habis kontrak, mesin yang off dinyalakan mendadak, diminggu-minggu pertama sampai ketiga rasanya saya ingin menyerah... benar-benar ingin menyerah. saya memegang dua jabatan dan keduanya harus berjalan seimbang secara bersamaan.
Fresh graduate jadi HRD, keren? ngak juga... saya rasa terlalu cepat untuk bagian ini, dimana latar belakang saya tidak ada pelajaran menjadi seorang personalia, Tapi tak apalah sebagai tantangan dimana saya juga harus belajar banyak sebanyak banyaknya..
Dukanya selama jadi personalia tuh jika ada karyawan yang resign langsung mogok gak mau masuk alias kabur, lalu sering absen, alasan sakit ngak pake surat dokter. hikss.. apalagi waktu recruitmen, udah seleksi-seleksi, masuk kerja,, ehhh besoknya udah ga mau masuk,, hm,,, padahal diluar sana banyak juga job seeker menunggu dapet kerja. yaudahlah,, kesempatan buat yang lain.. hehehe
Alhamdulillah kabar baiknya tertanggal 29 Juni 2017 nanti saya sudah ada temannya..(ada karyawan yang dipindah ke cabang pabrik saya) saya kembali dibagian GA. Horeeeee :)
No comments:
Post a Comment