Monday, June 10, 2013

Media Pembelajaran dari kertas


                       Media Pembelajaran dari kertas ini di buat untuk melengkapi syarat perlengkapan kelompok untuk mengikuti kegiatan Pengenalan Jurusan Teknologi Pendidikan (POPEJ). karena jurusan TEP sendiri itu memecahkan masalah dalam pendidikan dengan menggunkan teknologi. nah di sini saya dan teman-teman pun belum mengenal jurusannya sendiri #nahLhoo, jadi ya belum mengerti media pembelajaran apa yang akan di buat sedangkan waktunya cuma 2x24 jam dan harus melengkapi semuanya. akhirnya kita membagi tugas dan saya mendapatkan tugas ini, setelah browsing kesana-kemari dan bertanya kepada pembimbing namun tidak ada pencerahan sama sekali akhirnya saya membuat media pembelajaran dari kertas seperti sebuah prakarya anak TK. hhehe tidak ada teknologinya sama sekali. :p  Selain mudah dalam membuatnya, prakarya ini juga bisa digunakan untuk mengelompokkan warna, mengelompokkan bentuk bunga, menghitung jumlah bunga, dan bermain peran sebagai penjual bunga



bahan yang dibutuhkan:
1. Penggaris
2. Doubletipe
3. tusuk escream
4. beberapa mal bentuk bunga
5. gunting
6. kertas bufallo
7. kertas origami warna
8. Lem
9. Pensil

Cara membuat :
1. siapkan kertas karton, kemudian gambar mal bunga diatasnya untuk memudahkan membuat bentuk. lalu dibaliknya tempeli dengan kertas origami warna dan gunting kertas tersebut mengikuti  karton yang telah digambar bunga tadi. buatlah 2 bentuk yang sama dengan warna yang sama untuk dibaliknya. 
2. rekatkan 2 bentuk yang sama dengan doubletip dan taruh di tengahnya dengan tusuk escream sebagai tangkai bunga.
3. bentuk kertas seperti daun dan hias tangkai sebagai pemanis, rapikan. :)
pelengkap : pot bunga dan uang-uangan serta label bunga.. hehe





Hasil Akhir


Setelah membuat media ini harus di presentasikan kepada kakak tingakat dan melewati 5 pos yang disetiap posnya ada sekitar 5-6 orang. dan mereka mengomentari hasil kita.

#1- Pengenalan nilai mata uang melalu transaksi Jual beli. [GAGAL]
Tema : Pengenalan nilai mata uang melalu transaksi Jual beli.
Bahan Media : Kertas warna- warni di bentuk bunga dan setiap keranjang bunga di beri harga persatuan tiap tangkai bunga.
Sasaran : Siswa kelas 2 SD, Yang pada bab pengenalan mata uang.
Materi : menyangkut mata uang dan penggunaannya dikenal dengan nama “Aritmetika Sosial”. Dalam bahan ajar ini kami menerapkan konsep jual beli di suatu toko bunga menggunakan media kertas. Dalam pembuatannya cukup mudah karna bahan-bahan mudah di cari.
Tujuan : Agar siswa dapat mengenali nilai mata uang dengan warna-warna yang umum dimasyarakat (kertas origami warna-warni)serta dapat mempraktekkannya dengan praktek jual beli dikelas.

Komentar kakak Tingkat :
ini seharusnya bukan untuk anak kelas 2, karena mata uang yanng dibuat terlalu besar, tidak cocok untuk anak sekecil itu. (lalu lupa terusannya apa)

evaluasi : kita mencari metode lainnya lalu ke pos #2, ke pos #3, dan ke pos #4, di setiap pos nya kita selalu ganti tema presentasi, karena medianya fleksibel (hehehe alibi) karena kurangnya perencanaans di pos 5.

#5- Membedakan warna untuk anak berkemampuan khusus
jadi disini kita mempresentasikan dengan mencampurkan semua warna bunga dan menyiapkan pot-pot, agar siswa dapat mengelompokkan benda/bunga berdasarkan warna. ini yang terakhir mendapatkan apresiasi yang baik dari pos terakhir :)

YAhhhh, walaupun kita tak menjadi yang terbaik, tapi kita sudah berusaha yang terbaik #eeeaaaaa.... :p




Kelompok 7_OHP


Saat presentasi ke post 1 


No comments:

Post a Comment