Monday, May 30, 2016

Media Pembelajaran 3 Dimensi Tiruan - Tata Surya


Media Pembelajaran 3 Dimensi tata surya sebagai tugas akhir mata kuliah walaupun tidak istimewa-istimewa amat, tapi ini buatan sendiri bersama bapak saya.. hehe. Pengembangan media 3 dimensi saya tempuh pada semester 4, dibawah ini saya sertakan cara pembuatan beserta rancangan pelaksanaan pembelajaannya. Semoga Bermanfaat :)

Media Pembelajaran 3 Dimensi Tiruan - Tata Surya


bahan:
kayu
tabung pipa
bola (sesuaikan banyaknya dengan gambar)
pilok
kawat secukupnya
mur

Cara Membuat:
1. siapkan kayu untuk menjadi alasnya, potong kayu untuk menjadi porosnya.
2. kemudian lapisi dengan pipa, potong beberapa pipa dan kaitkan dengan kawat.(lihat gambar, maaf tidak foto tutorial steps by step hehe)
3. akhiri dengan menyemprotkan pilok, dan memasang bola yang sesuai ukuran tiruan tata surya.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                    :  Sekolah Dasae
Mata Pelajaran                    :  Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                   :  V/2
Materi Pokok                      :  Tata Surya
Alokasi waktu                    :  2 x 35 menit
Tahun Pelajaran                  :  2013/2014

A.  Standar Kompetensi      
9.      Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

B.     Kompetensi Dasar         
9.1    Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya

C.  Indikator                         
1.      Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
2.      Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.
3.      Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya.
4.      Mengetahui perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya

D.  Tujuan Pembelajaran     :
1.      Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tata surya
2.      Siswa dapat Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi oleh planet-planet.
3.      Siswa dapat Menyebutkan penyebab plenet-planet mengelilingi matahari
4.      Siswa dapat Membuat keterangan mengenai matahari 
5.      Siswa dapat Memahami perbedaan antara planet dengan matahari
6.      Siswa dapat Menyebutkan planet-palanet yang mengelilingi matahari
7.      Siswa dapat Memahami pengelompokkan planet luar dan planet dalam
8.      Siswa dapat Memahami sifat dan keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

E.     Materi Ajar
Matahari sebagai pusat Tata Surya
           Matahari sebagai Pusat Tata Surya, Matahari adalah bola gas raksasa yang memancarkan cahayanya sendiri. Matahari merupakan pusat tata surya. Semua benda langit di tata surya berputar mengelilingi matahari. Matahari terdiri atas gas hydrogen (80%–90%) dan gas helium. Matahari berputar pada porosnya dari barat ke timur. Matahari merupakan sumber energi bagi kehidupan di bumi. Matahari merupakan sebuah bintang yang paling dekat dengan bumi.
           Dengan ukuran matahari yang sangat besar, maka matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar. Dengan gaya gravitasi tersebut terjadi gaya tarik-menarik antara matahari dengan planet-planet dan benda langit lainnya. Hal ini yang menyebabkan planet-planet dan benda langit lainnya selalu beredar mengelilingi matahari.

F.     Media dan Sumber Belajar
-          Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
-          Media tiruan matahari dan planet yang mengelilingi

G.    Metode dan Model Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-          Diskusi

H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
-          Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan


(10 menit)
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-    Memahami peta konsep tentang tata surya
-    Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang
di kelilingi oleh planet-planet.
-       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-       memfasilitasi peserta didik melakukan contoh media tiruan yang ada di dalam kelas.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Menyebutkan penyebab plenet-planet mengelilingi matahari
-          Membuat keterangan mengenai matahari 
-          Memahami perbedaan antara planet dengan matahari
-          Menyebutkan planet-palanet yang mengelilingi matahari
         
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
  1. Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa :
-   Matahari memancarkan cahaya sendiri dan merupakan pusat tata surya
-   Ada delapan planet yang mengelilingi matahari
-   Pekerjaan Rumah : Mencari urutan planet mulai dari yang terdekat sampai terjauh dari matahari
-    


(10 menit)




I.       Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
o  Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.
o  Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya.
o  Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *).

Tugas Individu


Uraian Objektif



o  Jelaskanlah planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari.
o  Jelaskanlah posisi planet-planet dalam tata surya.
o  Jelaskanlah peredaran planet-planet di dalam tata surya.
o  Buatkanlah  perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *).




                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA





          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



No comments:

Post a Comment